Membuka Usaha Wifi Voucheran

Pertanyaan yang sering diajukan mereka yang ingin membuka usaha Voucher Wifi :

  1. Apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha Wifi Voucher ?
  2. Berapa Modal yang diperlukan ?
  3. Berapa keuntungan usaha Wifi Voucheran ?
  4. Saya pingin buka usaha Wifi Voucheran tetapi saya tidak tahu sama sekali tehnisnya ?

Usaha Wifi Voucheran lebih tepat jika dijadikan usaha tambahan, bukan usaha utama. Jadi jika ingin membuka usaha Wifi Voucheran sebaiknya sudah memiliki usaha utama yang sudah berjalan. Misalnya; Bengkel, Salon, Warung Makan, Warung Kopi, Toko Kelontong, Agen Pulsa, Tempat Kursus, Warnet, dll. 

Seandainya tidak memiliki bisnis utama / usaha rumahan sama sekali, dengan membuka tempat Wifi Voucheran maka kesempatan membuka usaha tambahan terbuka luas, seperti jual makanan/minuman ringan, kopi, rokok, pulsa, dll.

Keuntungan

Seperti halnya usaha makanan jika ditanya berapa keuntungannya akan tergantung pada banyak faktor. Untuk tahap awal, katakanlah pemasukan yang didapat dari bisnis Wifi bisa cukup untuk membayar tagihan Internet dan Listrik. Apalagi jika ramai dan banyak yang berlangganan keuntungannya bisa menutupi kebutuhan sehari-hari.

Internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, ini bisa menjadi ladang bisnis bagi yang bisa melihat peluang usaha. Bisnis wifi akan berjalan otomatis 24 jam terutama jika menggunakan penjualan Voucher sistim online. Kita tinggal santai bisnis bisa tetap berjalan dengan sendirinya.

Tidak Mengerti Tehnisnya

Jika memang tidak mengerti sama sekali tehnisnya, cara paling mudah adalah dengan memasang Wifi.id atau Wifi Corner. Nantinya Kita menjual voucher wifi.id atau Wico milik Telkom.

Anda juga bisa menjadi Reseller bisnis wifi voucheran yang sudah ada di sekitar lokasi anda.

Banyak yang menjual peralatan wifi voucheran lengkap sudah disetting. Namun anda harus tetap pintar memilih Seller yang bisa diajak komunikasi jika terjadi masalah dengan peralatan wifi anda.

Ada juga jasa setting Wifi Voucheran sehingga anda dapat segera mewujudkan impian anda untuk memiliki usaha wifi voucheran.

Modal

Modal yang diperlukan untuk membuka usaha wifi voucheran sangat bervariasi, tergantung dari kesanggupan masing-masing orang. Jika hanya memasang wifi.id atau wifi corner modal awal cukup Rp.500.000,-

Untuk menjadi Reseller Wifi Voucher, diperlukan alat penangkap wifi dan alat yang digunakan untuk memancarkan ulang wifi. Modal yang diperlukan tergantung dari banyak faktor. Adakalanya diperlukan tower/tiang antena. Modal yang diperlukan cukup besar minimal bisa 2jutaan. Kelebihan sebagai Reseller tidak perlu memikirkan segala tehnis peralatan karena sudah ada yang menangani. Tidak ada Biaya internet bulanan.   

Untuk usaha mandiri siapkan modal sekitar 2,5 juta atau lebih. Pada dasarnya tidak akan selesai urusan permodalan, karena akan terjadi penambahan alat, perbaikan alat, upgrade alat, akan banyak pengeluaran yang tak terduga.

APA SAJA YANG DIPERLUKAN

Untuk mulai usaha Wifi Voucheran perlu disiapkan sumber internetnya, minimal langganan Internet 10 Mbps bisa untuk 10-20 pelanggan. Seiring dengan bertambahnya pelanggan bisa memperbesar kecepatan internetnya. Bisa juga dengan berlangganan Paket Data yang besar, kemudian dijual eceran lagi dengan Quota yang lebih kecil.

Siapkan Mikrotik untuk membuat voucher dan membagi kecepatan masing-masing pelanggan. Untuk tahap awal bisa beli Mikrotik RB941-2nD dengan harga di bawah Rp.400.000,-

Anda memerlukan 3 buah Outdoor Akses Point untuk memancarkan sinyal wifi ke segala arah 360* karena jika hanya satu alat hanya bisa meng-cover 120* (satu arah saja). Satu alat harganya berkisar Rp450.000,-

Peralatan Switch Hub seharga sekitar Rp.100.000 juga diperlukan, terutama jika ada pelanggan yang mau berlangganan dengan menarik kabel.

Kabel LAN sedikitnya 100 meter dengan harga sekitar Rp.250.000,- jika perlu sediakan kabel 1 roll dengan panjang 300 meter

Jika bisa memasang peralatan sendiri mungkin cukup memerlukan Jasa setting mikrotik secara remote berkisar Rp.200.000,- Namun jika tidak paham sama sekali pemasangan dan setting peralatan dan memerlukan jasa tehnisi yang harus datang memasang/setting semuanya. bisa kena biaya minimal Rp.500.000,-

1 Komentar


05/02/2022 19:17 Adam

Menarik sekali, perlu dicoba